7 Film India Wajib Kamu Tonton Sebelum Nyesel

veer zaara
Sobat Sookapura yang nge-fans film-film India pasti tidak pernah bosan dengan tayangan film bollywood di layar kaca. Walaupun filmnya sudah jadul, tetap dapat menikmati jalan cerita khas dan keunikannya bila dibandingkan dengan film dari negara lain.

Seperti tarian yang unik, jalan cerita yang gak biasa, sampai budaya India yang ditonjolkan banget lewat film-filmnya. Untuk itu, bagi kamu pecinta film Bollywood, film-film berikut pastinya wajib kamu tonton sebelum kamu mati. Apa saja? Mari disimak!

1. Peer Zarra
Film produksi tahun 2004 ini menceritakan tentang Squadron Leader (setara Mayor) Veer Pratap Singh (Shah Rukh Khan) yang bertugas sebagai pilot tim penyelamat Angkatan Udara India.

Veer selalu mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan orang-orang lain yang membutuhkan pertolongannya. Pada suatu hari dalam sebuah misi, Veer menyelamatkan seorang gadis dari Pakistan yang terdampar di India. Rupanya gadis itu yang bernama Zaara (Preity Zinta) datang ke India untuk memenuhi pesan terakhir mendiang ibu angkatnya.

Namun dalam perjalananya di India, bus yang ditumpangi Zaara mengalami kecelakaan. Pada saat terdampar di negeri yang asing baginya, datanglah Veer yang menjadi penolongnya. Sejak itu, hidup Veer tidak pernah lagi sama. Veer dan Zaara saling jatuh cinta namun sebelum Veer bisa mengekspresikan cintanya, datanglah Raza (Manoj Bajpal), tunangan Zaara yang menyusul Zaara dari Pakistan. Akhirnya Zaara dan Raza pulang ke Lahore, Pakistan.

Tetapi Zaara tidak bisa melupakan Veer sehingga pelayan setia Zaara, Shabbo (Divya Dutta) merasa kasihan dan menghubungi Veer untuk memberitahukan perasaan Zaara. Veer berhenti dari AU India agar bisa datang ke Pakistan demi Zaara yang dirindukannya. Sayangnya walau bisa bertemu Zaara, pernikahan Zaara dan Raza tetap dilangsungkan. Tak terduga Veer malah ditangkap oleh polisi Pakistan dengan tuduhan sebagai mata-mata.

Duapuluh dua tahun kemudian, Saamiya Siddiqui (Rani Mukherjee), seorang pengacara Pakistan mendengar kisah Veer dan bertemunya untuk pertama kali. Tidak mudah baginya untuk membebaskan Veer yang telah mendekam di penjara Pakistan lebih 20 tahun. Apalagi kasus Veer adalah kasus pertama bagi Saamiya sebagai pengacara. Walau Veer tidak pernah berbicara kepda siapapun sejak ditahan, namun sejak bertemu Saamiya, Veer tergerak menceritakan nasib malangnya. Saamiya pun bertekad mencari keadilan bagi Veer.

2. Mohabbatein
Wah, kalau film yang satu ini sih bakalan ngebuat kamu galau maksimal. Soalnya, MOHABBATEIN ini bercerita tentang cerita cinta yang menyedihkan banget. Filmnya sendiri cukup bagus dan gak pasaran dari segi cerita dan juga sinematografi. Di film ini, banyak lagu-lagu khas orkestra juga yang gak kalah bagusnya dari lagu-lagu di film milik Hollywood.

MOHABBATEIN menceritakan tentang sebuah universitas yang ketat dan gak ngebolehin mahasiswanya untuk jatuh cinta apalagi pacaran. Kalau sampai ketahuan, orang itu bakalan di-DO alias dikeluarin. Tapi, ada seorang dosen yang berusaha untuk membuat suasana jadi lebih asik supaya orang-orang di kampus itu bisa jatuh cinta. Yang paling menarik dari film ini adalah penggunaan daun kering sebagai surat cinta. Gak mainstream kan?

Udah gitu, pemainnya lagi-lagi masih sama dengan film-film sebelumnya, seperti Shahrukh Khan dan juga Amitabh Bachchan. Pemain-pemain baru seperti Uday Chopra, Jugal Hansraj, dan Jimmy Shergill yang notabene masih pemain baru waktu itu. Penghasilan box office film ini juga gede. Gak kurang dari US$ 12.000.000 berhasil dikantongin. Makanya, film ini layak deh ditonton untuk teman galau-galauan.

 3. 3 Idiots
Gak banyak yang tahu, kalau ternyata film berjudul 3 IDIOTS ini ternyata diangkat dari sebuah novel berjudul FIVE POINT SOMEONE. Sebagai salah satu film India terbaik, film ini pastinya udah kamu kenal dan pernah tonton dong ya? Untuk yang belum pernah nonton, film ini harus cepetan kamu tonton sebelum kamu mati.

Film ini sendiri bercerita tentang tiga sekawan yang masuk sebuah universitas teknik terkenal di India yang mewajibkan mahasiswanya disiplin dan peraturannya ketat banget. Tapi, mereka gak mau tunduk sama peraturan universitas ini, sampai akhirnya mereka dihadapkan sama banyak masalah yang menanti mereka selama kuliah.

Yang membuat film ini keren adalah akting Aamir Khan yang berperan sebagai Rancho, seorang mahasiswa jenius yang gak pernah mau belajar hafalan dari buku, tapi dalam bentuk praktek. Akalnya dia ini banyak banget deh. Makanya, supaya gak penasaran, kamu harus tonton film yang mendapat penghasilan tertinggi di India ini.

4. Koi... Mil Gaya
Film sci-fi India pertama ini pertama kali rilis di tahun 2003, dan terinspirasi dari film E.T.: THE EXTRA-TERRESTIAL keluaran Hollywood di tahun 1982. Film yang mendapat banyak penghargaan ini juga, ternyata disutradarai oleh Rakesh Roshan.

Jalan ceritanya sendiri juga unik. Bercerita tentang seorang lelaki bernama Rohit, yang menderita keterbelakangan mental dan gak sengaja ketemu dengan alien yang dia dan teman-teman kecilnya kasih nama Jadoo, yang artinya 'ajaib' dalam bahasa Indonesia. Pertemuannya dengan alien ini, ternyata menciptakan banyak masalah, yang mengharuskan Rohit berusaha untuk menyelamatkan Jadoo.

Di tahun 2003, film ini merupakan film Bollywood dengan penghasilan terbanyak sepanjang tahun. Dalam nama pemainnya, ada Hrithik Roshan dan Preity Zinta yang klop dan aktingnya pas banget di film ini. Si Hrithik juga bisa memerankan seorang tuna grahita dengan keren. Gak pas dan juga gak berlebihan.

5. Kuch Kuch Hota Hai
KUCH KUCH HOTA HAI adalah film selanjutnya yang harus kamu tonton sebelum kamu mati, karena film ini tuh bagus banget. Film ini juga terkenal banget di mana-mana, mulai dari India sampai Indonesia. Bahkan, film ini sendiri pernah masuk daftar 10 film yang paling banyak ditonton di Inggris.

Untuk jalan ceritanya sendiri juga cukup unik. Film ini menceritakan tentang seorang Rahul yang terpisah dengan teman kuliahnya bernama Anjali. Di masa depan, anak dari Rahul ini mau menyatukannya lagi dengan Anjali. Gak disangka, ternyata Rahul malah jatuh cinta lagi dengan Anjali. Makanya, jalan ceritanya gak pasaran untuk ukuran film India.

Dalam daftar pemainnya juga gak kalah bikin kamu geleng-geleng, karena Karan Johar sang sutradara, mengajak Shahrukh Khan, Kajol, Rani Mukerji, dan juga Salman Khan untuk ikut bagian jadi pemainnya. makanya, film ini jadi keren banget. Harus kamu tonton deh.


6. Kabhi Khushi Kabhie Gham
Untuk penggemar Bollywood, film yang satu ini pastinya gak boleh kamu lewatkan. Soalnya, bisa dibilang ini salah satu film India yang menyentuh hati banget, karena jalan ceritanya yang penuh dengan adegan sedih. Udah gitu, sinematografi film ini juga bagus banget, dan bisa membangkitkan keinginan untuk pulang setelah lama gak balik ke rumah.

Film ini disutradarai oleh Karan Johar, orang yang juga menyutradarai film fenomenal Bollywood berjudul KUCH KUCH HOTA HAI. Setelah sukses dengan debutnya lewat film itu, di tahun 2001 dibuatlah film berjudul KABHI KHUSHIE KABHIE GHAM yang kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kurang lebih artinya 'kadang membahagiakan, kadang menyedihkan'.

Lewat film ini, Karan bisa mengobrak-abrik emosi penonton, mulai dari
awalnya beradegan menyedihkan, setelah itu adegan percintaan, kembali lagi ke adegan menyedihkan.

Bisa dibilang, film ini adalah film Bollywood yang bisa membuat kamu mewek sepanjang film, karena terbawa emosi. Pemeran film ini juga diperankan oleh aktor dan aktris India terkenal, seperti Shahrukh Khan, Hrithik Roshan, sampai Amitabh Bachchan.

 7. My Name is Khan
Setelah sebelumnya Karan Johar membuat film keren seperti KUCH KUCH HOTA HAI dan juga KABHI KHUSHI KABHIE GHAM, di tahun 2010 ia kembali membuat gebrakan dengan film berjudul MY NAME IS KHAN. Film bergenre drama ini juga menghadirkan cerita yang keren dan juga tema cinta yang gak biasa.

Film ini bercerita tentang Rizwan Khan yang diperankan Shahrukh Khan, seorang muslim India yang hidup di Amerika. Di sana, ia dianggap sebagai teroris karena bencana yang menimpa gedung WTC pada 11 September di Amerika saat itu. Berbagai hujatan sampai siksaan dirasakan mereka di sana. Puncaknya adalah saat anaknya meninggal karena dianiaya oleh teman-temannya di lapangan sepak bola. Makanya, dia berusaha ketemu sama presiden untuk bilang ke seluruh Amerika, kalau dia bukan teroris.

Kalimat di film ini yang masih diingat orang sampai sekarang adalah 'my name is khan, and I'm not a terrorist'. Selain didukung oleh Shahrukh Khan dalam daftar pemainnya, lewat film ini juga ia dipertemukan kembali dengan Kajol dalam satu film. Di saat pemutarannya, film ini adalah film India dengan penghasilan terbanyak di luar negeri. Keren deh, harus kamu tonton pokoknya.

2 komentar

KUNJUNGI BERITA BOLA TERUPDATE DAN TRPOPULER YANG WAJIB ANDA KUNJUNGI :
Bukujudi99.com
MajalahForbes.com
Inanews.cc
liputanviral.com