Mau Lihat 7 kawah Hasil Kerjaan Komet

Sudah populer kita tahu, Jutaan tahun yang lalu komet pernah menghajar bumi yang membawa kepunahan bagi kehidupan Dinosaurus dan sejenisnya. Namun, nampaknya komet sudah sering mampir ke dunia biru ini dan menabraknya, dengan banyak ditemukannya jejak-jejak lubang besar yang akhirnya menjadi kawah.

Ada 7 kawah besar didunia yang ditemukan para ilmuan dan terbukti itu adalah hasil kerjaan si komet. Sobat ga percaya, coba simak kejadian alam ini yang dinukil detik.com.
Kawah Popigai, Rusia 

Berada di Siberia, Rusia, Kawah Popigai menjadi kawah ke-7 terbesar di dunia. Diameternya mencapai 100 km dengan umur sekitar 35 juta tahun. Kawah ini telah masuk dalam daftar Geopark UNESCO sebagai Situs Warisan Geologi.

Meski bukan yang terbesar, namun kawah ini termasuk yang paling tahan dari erosi. Area ini juga terkenal dengan tambang berlian terbesar di dunia. Wah!

Kawah Woodleigh, Australia

Kawah ini ditemukan belum lama yaitu sekitar tahun 2000. Sang penemu bernama Arthur J Mory yang menjadi ketua tim ilmuwan untuk survei Geologi Australia Barat.

Kawah ini berada di Shark Bay, Australia Barat. Diperkirakan, kawah ini memiliki diameter sekitar 160 km.

Kawah Kara, Rusia

Sekitar 70,3 milyar tahun lalu, jatuhlah sebuah meteor yang meninggalkan kawah di Rusia. Kawah yang memiliki diameter 120 km ini berada di semenanjung Yougorsky, Nenetsia. Namun karena pengikisan yang terjadi selama ribuan tahun, Kawah Kara kini hanya memiliki diameter 65 km saja.

Sudbury Basin, Kanada

Sudbury Basin atau yang biasa dikenal sebagai Sudbury Structure atau Sudbury Nicker Irruptive ini menjadi area hantaman meteor kedua terbesar di dunia. Sudbury Basin juga merupakan salah satu kawah tertua yang ada di bumi.

Kawah yang berada di Greater Sudbury, Ontario, Kanada ini dulunya memiliki diameter sekitar 250 km. Saat ini sudah banyak terjadi erosi, namun kawasan kawah ini dikenal sebagai lahan tambang yang kaya platina, emas, dan lainnya.

Kawah Chicxulub, Meksiko

Kawah ketiga terbesar di dunia adalah Kawah Chicxulub yang berada di semenanjung Yucatan di Meksiko. Nama kawah ini diambil dari nama kota terdekat dari sana. Kawah ini memiliki diameter seluas 180 km.

Kawah ini ditemukan oleh Antonio Camargo dan Glen Penfield, duo Geo Fisika yang sedang mencari minyak bumi di semenanjung Yucatan sekitar tahun 1970-an. Diperkirakan, kawah ini terbentuk sekitar 66 milyar tahun yang lalu.

Vredefort Dome, Afrika Selatan

2.023 Milyar tahun yang lalu, sebuah meteor raksasa menghantam bumi. Awalnya, kawah meteor ini memiliki diameter yang masif yaitu 300 km. Namun karena erosi selama ribuan tahun, akhirnya kawah yang berada di Provinsi Free State di Afrika Selatan ini diameternya tinggal 70 km saja. Tahun 2005, kawah ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO karena kekayaan geologinya.

Kawah Manicouagan, Kanada

Kembali ke Kanada tepatnya berada di Cote-Nord, Quebec. Di sana ada Kawah Manicouagan yang berumur kira-kira 213-215 juta tahun. Kawah ini memiliki diameter 100 km.

Kawah ini menjadi salah satu kawah tertua yang permukaannya masih bisa dilihat langsung dan tidak tenggelam di bawah laut. Kawah ini telah terisi air dan menjadi danau cantik yang dikelilingi pepohonan hijau.

Tidak ada komentar